Tuesday, January 3, 2012

Kristian - Nikmat - Nikmat Dari Tuhan


1.Tuliskan (semampu anda)berbagai macam/jenis,jumlah,dan tingkatan nikmat(lahir & batin)yang Tuhan berikan kepada anda dalam 24 jam(sehari semalam)dengan mengamati diri dan lingkungan (teman,tetangga,pohon atau tanaman,siang dan malam)
Menurut pendapat saya Allah memberikan nikmat kepada kita selama kita hidup di dunia ini.Macam-macam nikmat yang telah diberikan Allah kepada saya selama 24 jam antara lain: Dari mulai saya bangun pagi,pertama saya bisa menghirup udara di pagi hari,dan saya masih bisa diberi kesempatan untuk melihat sinar matahari,nikmat lain yaitu sistem organ dalam tubuh saya masih berfungsi secara normal,andaikan ada salah satu saja yang tidak berfungsi,maka nikmat itu akan berkurang.Selanjutnya adalah air,andaikan di dunia ini air sudah tidak ada,maka apa yang terjadi sudah bisa dipastikan tidak ada kehidupan di dunia ini.Kemudian makanan,semua yang kita perlukan untuk makan masihnada,jika sudah tidak ada,maka yang akan terjadi kita pasti mati.Adanya pakaian yang kita gunakan sehari-hari juga merupakan suatu nikmat dari Allah,beruntung di dunia ini masih ada penjahit dan penjual pakaian.Untuk berangkat ke kampus,perlu naik sepeda motor,dalam sepeda motor ada mesin,bensin dan komponen-komponen lain yang mendukungnya,nah secara tidak langsung kita juga mendapatkan nikmat dari itu semua.Sesampainya di kampus,kita bertemu dengan teman dan dosen,kita dapat berinteraksi dengan mereka,dapat bertukar pikiran dan pengalaman,disana kita dapat menyerap ilmu,nah saat itu kita juga merasakan nikmat dari Allah,otak kita dapat berfungsi itupun merupakan nikmat yang telah kita terima.Pulang dari kampus,dijalan kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah.Ada pohon yang rindang dan hijau,ada juga bunga-bunga yang berwarna-warni,betapa indahnya dunia ini.Sungguh merupakan nikmat Allah yang luar biasa.Kemudian malam,kita bisa melihat bulan dan bintang yang bertaburan dilangit.Kita bisa merasakan pergantian antara siang dan malam.Udara yang kita hirup akan selalu kita rasakan.Nikmat itu selalu diberikan Allah kepada kita.Kita merasakan senang dan sedih pun merupakan suatu nikmat..Ada juga rasa kasih sayang dan perhatian yang diberikan orang tua atau siapapun itu.Mungkin itu nikmat-nikmat yang dapat saya tuliskan dalam tugas kali ini.
2.Apakah Tuhan berhenti memberi memberi nikmat pada anda ketika andai lalai atau lupa padaNya?
Jawabanya jelas tidak.Allah akan selalu memberikan nikmat kepada semua makhluk ciptaanNya.Bahkan jika orang tersebut lalai sekalipun.Dan jika orang itu tidak beragama Islam sekalipun.Mereka akan tetap mendapatkan nikmat dari Allah.Allah tidak membeda-bedakan makhluknya dalam memberikan nikmat karena Allah memiliki sifat Maha PEMURAH dan Maha PENYAYANG.Jadi tidak mungkin Allah tidak akan memberikan nikmat kepada kita walaupun dalam keadaan kita yang sehina dan serendah mungkin.

3.Kapan nikmat Tuhan pada anda akan berhenti?
Menurut saya nikmat Allah kepada kita akan berhenti sampai kita sudah meninggal.Maka sejak itu pula segala bentuk dan macam nikmat yang diberikan Allah pada kita akan berhenti.Setelah meninggal kita hanya menerima balasan dari perbuatan yang telah kita lakukan di dunia.Baik itu buruk atau pun baik.
4.Bagaimana sikap anda kepada Tuhan?diatas segala nikmatnya?perintah dan laranganNya?
Saya akan selalu bersyukur dengan nikmat-nikmat yang telah diberikan Allah kepada saya,mungkin saya tidak sadar dalam menerima suatu nitkmat tersebut,namun apapun yang telah diberikan Allah kepada saya harus saya syukuri karena itulah yang terbaik begi saya,mungkin saya merasa jika sesuatu itu tidak baik bagi saya namun Allah punya rahasia sendiri dibalik itu semua,jadi apapun itu saya harus tetap mensyukurinya.Terhadap perintah dan larangannya saya akan berusaha untuk menjalankan semua perintah dari Allah dan menjauhi laranganNya.Walaupun sampai saat ini saya masih merasa kurang dalam menjalankan perintahNya.Tapi saya tetap berusaha untuk menjadi makhluk yang lebih baik.Walaupun saya tidak sempurna sebagai makhluk ciptaan Allah yang terkadang juga lalai dalam menjalankan semua perintah-perintah Allah.
5.Adakah perintah dan larangan Tuhan yang merugikan anda?Apa fungsi dan larangan Tuhan itu?Bagaimana jika ada perasaan atau pikiran kalau peraturan Tuhan telah merugikan anda?
Menurut saya semua larangan dan perintah  Allah itu tidak ada yang merugikan,justru Allah melarang umatnya untuk tidak melakukan hal tersebut demi kebaikan umatnya,jika suatu hal itu dilakukan maka akan berdampak buruk bagi umat/manusia itu sendiri.Fungsi dari larangan itu sendiri bahwa akan menjauhkan dari hal-hal yang negatif,contohnya adalah mabuk-mabukan.Jika seseorang melakukan hal tersebut maka akan kehilangan kesadaran,dampaknya akan melakukan hal-hal negatif tanpa disadari dan juga merugikan orang lain.Sedangkan dampak yang ditimbulkan untuk dirinya sendiri yaitu alkohol dapat merusak kesehatan organ dalamnya sendiri.Untuk itu Allah melarang hal-hal tersebut.Untuk pikiran kalau peraturan Allah itu merugikan adalah salah.Semua peraturan-peraturan yang telah dibuat oleh Allah adalah suatu keputusan yang paling benar.Allah membuat suatu keputusan itu demi kebaikan umatnya.Menurut saya jika ada suatu perasaan yang menyebutkan jika peraturan Allah itu merugikan harus di hapus dari hati kita.Sesungguhnya kita harus menyakini dengan sepenuh hati bahwa setiap hal yang dibuat Allah itu adalah demi kebaikan umatnya.

No comments:

Post a Comment